Komersialisasi Agama

Posted: August 12, 2010 in Religi dan Iman

Kekurangan adalah sebuah keadaan yang harus diatasi, hal lama harus diperbaharui. Sungguh menjadi naïf jika konstektual agama harus di lakukan untuk menyesuaikan perilaku beragama terhadap konsumerisme, lihat saja aktifitas setiap kelompok agama (pengikut) di pasar – pasar (modern/tradisional) ketika menjelang datangnya Bulan puasa, Lebaran, Natal maupun perayaan lainnya.

Isu kehidupan beragama dalam dunia globaliasi seperti sekarang ini

Tiga kreteria yang harus di sandang agama dalam kehidupan global sekarang ini :

  1. Agama harus kembali kepada konsepsi teologisnya yang benar bukan sebaliknya menjadi teologi yang kompromis atau oportunis.
  2. Agama harus dikembangkan sebagai teologi yang bebas dan kritis, agama harus terbebas dari ketergantungannya kepada institusi fatwa atau lembaga keimanan dan dapat dengan bebas menggunakan analisis kritis untuk menemukan kebenaran yang terkandung di dalam ajarannya.
  3. Agama tidak membatasi diri untuk melayani sebagaian umat, melainkan jadi penerang jalan seluruh umat manusia (dalam Islan disebut rahmatan lil alamin)

Agama harus tampil dalam performa yang menawan yang secara fleksibel dapat menyediakan nilai nilai dalam berbagai diferensiasi social.

Bersambung………….(Ki Gondrong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s